--> Skip to main content

Mau Cari Uang dari Blog? Baca ini dulu sebelum menyesal


BISNIS6.MY.ID - Dulu mencari uang dari blog sempat populer dimana banyak blogger sukses berpenghasilan jutaan rupiah. Eka Lesmana, Kang Jum, Herman yudiono, Indri Lidiawati merupakan sederet nama blogger sukses yang menginspirasi saya menjadi blogger.

Sayapun akhirnya bisa merasakan penghasilan dari blog walaupun belum bisa dikatakan sukses atau masih recehan. Gimana tidak? 10 tahun jadi blogger baru bisa mengumpulkan penghasilan 48 juta. Sayangnya makin kesini saya merasakan makin susah mendapatkan uang dari blog.

Kenapa masih ngeblog?

Sampai saat ini saya masih ngeblog dan itu sekedar menyalurkan hobi saja sambil berharap suatu saat ada keajaiban di mesin pencari Google sehingga lebih mudah mendapatkan trafik.

Buat kamu yang punya rencana ingin cari uang dari blog saya sarankan pikir-pikir dulu. Apalagi jika akan menginvestasikan banyak uang untuk blog. Masih banyak kok cara cari uang selain dari blog.

Namun jika kamu tetap ingin mencoba cari uang dari blog, ya sudahlah silahkan saja tapi sebelumnya simak dulu fakta-fakta dibawah ini:

1. Dominasi web perusahaan dipencarian Google 

Coba kamu mencari informasi di Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu, Amati hasilnya. Akan kamu temukan web-web perusahaan muncul dihalaman pertama Google seperti Tribuns, Suara, CNBC, Kompas, Detik, Inews dan lain-lain. Jika kamu ingin cari uang dari blog otomatis blog kamu harus mendapatkan trafik dari Google dan artinya kamu harus bersaing dengan mereka.

Secara teknis tentunya blog personal kalah dibandingkan dengan web perusahaan. Meski demikian tetap ada celah untuk mendapatkan trafik dari Google yaitu dengan mencari kata kunci yang tidak dibidik oleh mereka dan tentu kata kunci tersebut kurang populer atau jarang yang mencari.

Jika memang mau fight tentunya kamu harus memiliki tim mulai dari tim SEO, tim penulis atau grafis. Ini tentu membutuhkan modal yang besar.

2. Jumlah blog semakin banyak

Mudahnya membuat blog/website berimbas pada jumlah blog yang beredar diinternet semakin banyak juga. Ini artinya kamu harus bersaing dengan web perusahaan dan blog personal. Akibatnya tentu persaingan dimesin pencari semakin ketat untuk bisa tembus di 10 top Google. Kualitas konten menjadi nomor satu.

Pertanyaannya kemudian apakah skill kamu sudah memadai untuk bersaing dengan mereka. Jika kamu baru belajar menulis tentu butuh waktu yang lama istilahnya kalah start. Kasarnya begini, yang sudah mahir menulis saja kesulitan mendapatkan trafik apalagi yang masih pemula?

3. Minat Baca menurun

Sekarang ini Google bukanlah satu-satunya sumber informasi, masih banyak sumber lainnya contohnya media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok atau Youtube. Lihat saja kalau ada peristiwa viral kebanyakan tampil ditiktok terlebih dahulu.

Imbasnya tentu daya minta baca semakin menurun, netizen cukup scrol-scrol video sudah bisa mendapatkan informasi terkini bahkan informasi tutorial juga ada.

Hal ini diperparah dengan ulah web/blog yang terkesan mempersulit pembaca demi penghasilan dari iklan dengan membagi artikel menjadi banyak bagian dan pemasangan iklan yang berlebihan yang mengganggu kenyamanan dalam membaca.

Bandingkan dengan video di tiktok, informasinya singkat dan padat tanpa iklan yang mengganggu.

Dari ke-3 fakta diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa mendapatkan trafik dari google cukup sulit baik untuk blogger yang sudah lama berkecimpung maupun yang pemula.

Jika kamu ingin cari uang dari blog dengan cara memasang iklan entah itu dari Google Adsense, MGID, Adnow atau platform PPC (Pay Per Click) lainnya perlu kerja keras karena hasilnya tergantung dari jumlah trafik.

Cukup berat bukan?

Lantas apakah peluang cari uang dari blog sudah tertutup bagi blogger? 

Peluang tetap ada hanya saja jangan mengandalkan iklan gunakan cara lain yang masih menjanjikan salah satunya Jasa backlink atau iklan advertorial.

Trafik blog memang penting namun jika memang tidak tercapai blog masih bermanfaat untuk tujuan lain contohnya branding, toko online atau affiliate. 
Comment Policy: Please write your comment that fits the topic of this page post. Comments that contain links will not be displayed until approved.
Buka Komentar
Tutup Komentar