--> Skip to main content

5 Peralatan Penting Content Creator Youtube

Peralatan Content Creator

5 Peralatan Penting Content Creator Youtube – Bukan rahasia lagi kalau Penghasilan dari content creator youtube bisa mencapai ratusan juta rupiah bahkan ada yang milyaran. Memang content creator berpenghasilan besar didominasi kalangan publik figur atau artis sebut saja Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, Atta Halilintar atau Ria Ricis.

Namun demikian content creator dari kalangan orang biasa bukan berarti susah untuk sukses. Banyak juga hanya saja mereka ini tidak terekspos contohnya channel Alif Ba Ta, Teknisi Ndeso, Siboen. Jumlah subscriber channel tadi mencapai jutaan. Semua berpeluang sukses asal kontennya menarik.

Masih banyak kalangan terutama kaum milenial yang sebetulnya tertarik menjadi seorang content creator namun belum mengerti seluk beluknya salah satunya peralatan apa saja yang harus disiapkan.

Peralatan Penting Content Creator Youtube

Jika Kalian sedang mencari informasi seputar peralatan untuk menjadi content creator youtube, Artikel dari Bisnis 6 berikut ini  bisa menjadi referensi. Simak ya sampai tuntas!

1. Kamera

Peralatan yang satu ini hukumnya wajib tanpa kamera kalian tidak akan bisa berkarya. Kamera apa saja bisa kalian gunakan entah itu kamera ponsel, kamera miroless, kamera action atau DSLR. Untuk pemula dengan kamera ponsel saja lebih dari cukup. Fitur kamera sekarang sudah sangat memadai karena rata-rata resolusinya sudah HD atau High Definition. Ada beberapa resolusi Video HD :

1280 x 720 HD

1440 x 1080 Full HD

1920 X 1080 Full HD

4096 x 3072 Ultra HD 4K

3840 x 2160 Ultra HD 4K

Jika ponsel kalian keluaran lama jangan berkecil hati asalkan resolusinya 1280x 720 sudah layak untuk membuat video. Namun jika ponsel Anda keluaran terkini apalagi harganya diatas 2 jutaan, resolusi videonya sudah bagus bahkan sudah dibekali dengan fitur stabilisasi video.

Jika kalian punya mau menggunakan Kamera Miroless/DSLR itu akan jauh lebih baik karena kualitas Videonya sangat bagus karena lensanya khusus. Jenis kamera lain yang kerap digunakan adalah Handycam. Kamera ini cukup nyaman untuk merekam video karena memang didesain untuk merekam video.

2.Tripod dan Tongsis

Alat ini sangat berguna saat pengambilan gambar dimana nantinya Alat perekam baik itu Ponsel atau DSLR diletakkan dialat ini. Dengan alat ini hasil rekaman akan stabil. Tripod cocok sekali untuk video yang objeknya diam atau terfokus misalnya video podcast, review atau tutorial.

Tripod ini bisa digunakan saat merekam outdoor maupun indoor. Adakalanya Anda perlu tongsis atau gimbal ketika merekam video contohnya saat kalian membuat video travelling atau makan-makan sehingga kalian perlu sebuah Tongsis. Memang tidak semua perekaman menggunakan tongsis hanya jenis video tertentu saja namun tidak ada salahnya untuk menyediakannya.

Baca Juga: Cara Membuat Channel Youtube Cepat Menghasilkan Uang

3. Mic External

Video yang bagus tak bisa lepas dari suaranya atau vocal, terlebih lagi video musik/cover. Disinilah peran penting sebuah Mic External karena jika hanya mengandalkan Microphone bawaan kamera hasilnya akan kurang memuaskan.

Microphone eksternal ini modelnya bermacam-macam ada yang model clip ada pula yang model stand. Microphone yang bagus adalah yang sensitif dan jernih. Itulah mengapa harga Microphone ini ada yang murah ada pula yang mahal.

Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis mircrophone jika dilihat dari diafragmanya yaitu Microphone Condenser, Lavalier Microphone, Shotgun Microphone.

Beberapa Microphone yang sering digunakan untuk Ngevlog : Takstar, Audio TECHNICA, RODE , BOYA, Genius, BM-800.

4. Software Editing Video

Tak bisa dipungkiri video yang bagus tak bisa lepas dari proses editing karena saat perekaman terkadang ada hal-hal yang diluar dugaan misalnya suara kecil, scene terlalu lama, suara liar masuk. Dengan proses editing maka hal-hal tersebut bisa dihilangkan sehingga videonya bisa enak ditonton.

Dalam proses editing ini selain memperbaiki kesalahan bisa juga menambahkan efek-efek yang tidak ada saat perekaman misalnya teks, efek transisi, efek suara, backsound dan masih banyak lagi.

Sebagai bahan pertimbangan coba deh kunjungi channel-channel besar, rata-rata melalui proses editing bahkan ada tim editingnya khusus.

Proses pengeditan video membutuhkan satau atau lebih software atau aplikasi video editing baik yang menngunakan komp[uter atau HP.

Hasil editing video menggunakan aplikasi android sudah cukup bagus apalagi jika mengunkan aplikasi premium namun aplikasi editing menggunakan komputer jauh lebih lengkap fiturnya walaupun harganya juga mahal contohnya Adobe PREMIERE pro cc,  Vegas Movie Studio 14, Corel VideoStudio Ultimate X10.

Selain harganya mahal untuk pemula spesifikasi komputernya juga harus tinggi. Sebenarnya ada software editing video komputer gratisan bahkan ringan namun kalau untuk editing standar lebih baik menggunkan ponsel saja karena lebih cepat dan simpel prosesnya dengan catatan ponsel kalian memiliki RAM minimal 4GB.

5. Studio Mini

Proses pengambilan gambar seringkali dilakukan didalam ruangan. Untuk hasil yang maksimal`perlu menyediakan studio mini. Tidak harus seperti studio profesional yang penting pencahayaannya bagus dan dekorasinya rapi. Studio mini ini bisa memanfaatkan ruangan dalam rumah misalnya kamar atau kamar kosong.

Buatlah tampilan studio mini seunik mungkin yang menggambarkan channel kalian misalnya channelnya membahas teknologi maka akan lebih bagus kalau ditambahkan properti seperti komputer atau laptop.

Jika punya modal lebih bisa menggunakan peralatan Lighting minimal ada 1 lighting yang terdiri dari light stand, softbox dan lampu. Pasang juga kain untuk background pada dinding.

Pentup

5 Peralatan penting content creator youtube diatas cukup membantu dalam produksi konten sehingga sangat disarankan untuk memilikinya.

Comment Policy: Please write your comment that fits the topic of this page post. Comments that contain links will not be displayed until approved.
Buka Komentar
Tutup Komentar