--> Skip to main content

Bagaimana Peran Adsense Membantu Meningkatkan Taraf Hidup Keluarga

Google Adsense

Bagaimana Peran Adsense Membantu Meningkatkan Taraf Hidup Keluarga – Hampir 7 Tahun saya menjadi bagian dari Adsense. Peran saya sebagai publisher. Saya merasakan sangat terbantu sehingga saya bisa meningkatkan taraf hidup keluarga. Saya bisa mendapatkan penghasilan dari Adsense yang jumlahnya minimal Rp.1.300.000.


Jika ditotal, penghasilan yang sudah saya terima selama kurun waktu 7 tahun mencapai 38 juta. Buat saya ini bukan jumlah yang kecil namun jumlah ini masih kecil dibandingkan dengan publisher lain yang penghasilannya mencapai ratusan juta sebulan. Catat! Sebulan.


Apa itu ADSENSE? Adsense adalah salah satu produk dari Google LLC untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan di samping konten online seperti website atau video youtube. Siapa saja yang bergabung disebut publisher. Dengan AdSense, publisher dapat menampilkan iklan yang menarik dan relevan bagi pengunjung situs atau video youtube.


Asyiknya lagi untuk mendaftar sebagai publisher AdSense tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis dan mudah. Bukan membayar tapi justru dibayar oleh Google.

Apa yang harus dilakukan untuk menghasilkan uang dari Adsense?

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan pemula yang ingin menghasilkan uang dari Adsense. Kabar baiknya tidak serumit pekerjaan lain.

1. Syarat utama bergabung dengan Adsense

Untuk bisa bergabung dengan Adsense, Anda harus memiliki blog atau channel Youtube. Kabar baiknya Anda tidak harus mengeluarkan biaya alias gratis. Blog bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi dari blogger sedangkan channel youtube bisa dibuat langsung di situs youtube.


Pilih yang sesuai dengan minat, misalnya suka menulis pilih blog saja tapi kalau suka editing video bisa memilih youtube atau bisa juga kedua-duanya seperti saya. Untuk tahap awal sebaiknya cukup salah satu saja biar bisa fokus.


Menurut pendapat saya untuk saat ini youtube lebih mudah dari pada blog hanya saja kalau mau terjun ke youtube setidaknya butuh kuota yang banyak untuk mengupload video. Jika memang Anda sudah langganan Wifi tentu kuota bukan lagi masalah.

2. Kapan mulai menghasilkan uang


Kunci sukses untuk bisa menghasilkan uang dari blog atau youtube ada pada kunjungan. Semakin banyak yang mengunjungi blog atau channel youtube maka penghasilannya akan banyak. Inilah target utama yang harus dikejar.


Ada beberapa cara mendatangkan pengunjung mulai dari memasang iklan, share kesosmed atau optimasi mesin pencari baik itu SEO atau algoritma youtube. Dari sekian cara, SEO menjadi langkah terbaik karena mendapatkan trafik gratis.


Sayangnya mendapatkan trafik dari mesin pencari tidaklah mudah khususnya blog karena harus bersaing dengan situs-situs besar seperti Tribuns cs, Kompas, Merdeka, Detik. Meski peluang masih tetap ada namun dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas serta modal yang cukup.


Berbeda dengan youtube, meski situs-situs besar juga terjun ke youtube namun karena yang mengakses youtube juga banyak dengan kata lain netizen lebih suka menonton youtube dari pada membaca artikel sehingga peluangnya tetap terbuka. Ini sudah saya buktikan di 3 channel saya. Meski videonya biasa saja namun bisa mendapatkan trafik dari mesin pencari Youtube.


Kalau Anda bertanya kapan mulai bisa menghasilkan uang dari Adense? Sangat relatif. Kalau Anda sudah bisa mendatangkan pengunjung dalam tempo sebulan atau 2 bulan tentunya akan langsung menghasilkan. Sebagai contoh blog saya dikunjungi sebanyak 6500 orang bisa mendapatkan penghasilan dari adsense sebesar 50 ribuan. Hal ini berlaku juga untuk youtube.

Hal lain yang patut Anda pertimbangkan adalah berapa lama blog atau channel Youtube diterima Adsense. Persayaratan Adsense youtube lebih sulit dibandingkan blog. Keberutungan bermain disini, ada yang cepat ada yang lama.

Pengalaman masing masing publisher Adsense tentunya berbeda-beda ada yang cepat ada yang lama. Saya sendiri mulai menjadi publisher Adsense Blog pada bulan Maret 2015 dan bisa merasakan pembayaran pertama dari Adsense 7 bulan kemudian atau Oktober 2015.


Sedangkan Mulai terjun ke Adsense youtube pada Maret 2017 dan baru bisa merasakan pembayaran pertama pada 2019.

3. Bisakah Adsense Menjadi Pekerjaan utama

Sangat bisa! Namun menjadi seorang publisher Adsense profesional butuh skill yang memadai dan modal yang cukup. Skill yang wajib dikuasai diantaranya menulis terstruktur, SEO, Basic html, desain grafis, video editing. Untuk mendapatkan penghasilan setara dengan UMR sangat mungkin diraih.


Menjadi publisher Adsense juga harus didukung dengan peralatan yang memadai baik itu software maupun hardware. Untuk membangun sebuah blog bisa jadi lebih mudah karena hanya menjual tulisan tidak seperti video youtube.

Peralatan youtube lebih komplek dan harganya juga lumayan mahal seperti Peralatan untuk studio atau video editingnya. Namun begitu untuk tahap awal bisa kok mengandalkan HP. Nanti jika sudah mulai menghasilkan barulah diupgrade peralatannya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Jualan Online di Facebook

4. Saran untuk pemula

Diinternet cukup banyak e-course atau kursus online yang mengajarkan bagaimana cara mendapatkan uang dari adsense. Umumnya mereka menggunakan bahasa pemasaran yang membuat netizen tertarik contohnya bisa menghasilkan uang jutaan rupiah sehingga kesannya mudah.

Padahal sejatinya tidak semudah diucapkan atau digembor-gemborkan. Saran saya belajar dulu dasar-dasarnya terutama menulis, jika ingin mendapatkan uang dari blog atau video editing jika ingin menjadi youtuber.


Jangan langsung menginvestasikan uang yang besar jika belum tahu seluk beluknya karena dalam beberapa kasus ada yang sudah mengeluarkan biaya jutaan rupiah tapi hasilnya nol.

Anggaplah sebagai hobi yang dibayar sambil terus meningkatkan kemampuan sehingga pada waktunya nanti hasilnya menjanjikan.

Penutup
Peran Adsense memang cukup membantu meningkatkan taraf hidup keluarga asalkan dilakukan secara serius layaknya pekerjaan pada umumnya.

Comment Policy: Please write your comment that fits the topic of this page post. Comments that contain links will not be displayed until approved.
Buka Komentar
Tutup Komentar