--> Skip to main content

5 Pekerjaan online yang menghasilkan uang untuk pemula

Pekerjaan online


5 Pekerjaan online yang menghasilkan uang untuk pemula – Hanya diam di rumah tapi bisa menghasilkan uang? Siapa yang tidak mau melakukannnya. Apalagi sejak adanya Pandemi yang melanda Indonesia hampir semua sektor bisnis terkena imbasnya.

Masyarakat pun mulai mencari pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah atau kerja online. Faktanya tidak mudah untuk memulai sebuah pekerjaan online apalagi jika paradigmanya sudah salah tentang kerja online atau bisnis online.

Ada yang beranggapan kalau bisnis online itu butuh modal yang besar, harus paham IT. Padahal dengan bermodalkan HP pun sebenarnya sudah bisa merintis sebuah pekerjaan online yang menghasilkan uang tentunya.

5 Pekerjaan Online yang menghasilkan uang


Tak perlu mencari-cari yang susah atau yang modalnya besar karena ternyata ada pekerjaan online yang mudah dan modalnya kecil. Penasaran? Simak terus info dari Bisnis 6 berikut ini:

1. Youtuber

Mungkin Anda bertanya-tanya memang bisa youtube dijadikan pekerjaan? Bisa dong dan saya sudah membuktikannya. Dengan menjadi youtuber saya bisa menghasilkan uang dari iklan yang nongol divideo saya.

Meski saya tak pandai editing video dan hanya berbekal HP namun saya bisa menghasilkan 10 juta pertama dari youtube. Walaupun itu bukan penghasilan per bulan tapi selama saya jadi youtuber tapi setidaknya saya bisa membuktikan kalau youtube bisa dijadikan pekerjaan yang menghasilkan uang.

Bayangkan jika Anda jago editing, jago edit gambar dan peralatannya lengkap, saya yakin hasilnya bisa menjanjikan.

Baca Juga: 5 Alasan menekuni Google Adsense Youtube

2. Blogger

Jika Anda hobi menulis pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Tugas seorang blogger adalah membuat artikel yang dipublikasikan keblog. Artikel bisa berupa berita, review, opini bahkan cerita. Penghasilan blogger berasal dari iklan Adsense atau content placement.

Saat ini membuat blog sangat mudah karena sudah ada aplikasinya misalnya saja dengan blogspot atau WordPress. Bahkan Anda bisa membuat blog tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Silahkan Kunjungi Blogger.com.

Untuk pemula saya sarankan untuk membuat blog disana terlebih dahulu sambil berlatih menulis dan belajar mengelola blog. Kelebihan menggunakan aplikasi blogger adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google Adsense.

Jika Anda sudah mulai mahir saya sarankan untuk menggunakan domain sendiri dengan membeli ke registar domain. Anda bisa mendapatkan domain di Idwebhost, Domosquare, Niaga Hoster, Idcluodhost dan masih banyak lagi.

Blog Anda akan lebih profesional jika menggunakan domain dan hosting sendiri atau WordPress Self Hosted. Contohnya blog yang sedang Anda baca ini menggunakan WordPress Self Hosted.

Berapa potensi penghasilan dari Blog? Semua tergantung dari berapa jumlah trafiknya semakin tinggi hasilnya semakin besar. Potensi penghasilannya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta per bulan.

Sebagai contoh saya sendiri, Total penghasilan yang saya dapatkan dari Google Adsense sejak tahun 2015 mencapai US $2000 atau sekitar 28 juta. Angka ini masih kecil dibandingkan dengan penghasilan blogger profesional yang bisa ribuan dolar per bulan.

3. Content Writer

Pekerjaan online yang menghasilkan uang berikutnya masih berhubungan dengan website atau blog yaitu sebagai Content Writer. Saat ini website atau blog sudah menjadi bagian dari strategi marketing atau digital marketing sehingga kebutuhan konten atau artikel semakin tinggi.

Artikel bisa berjenis informasi atau bisa juga copywriting. Menjadi seorang Content writer harus memiliki wawasan yang luas karena nantinya Anda menerima pesanan artikel dengan berbagai macam topik.

Penghasilan seorang content writer tergantung dari berapa banyak jumlah artikel yang bisa ditulis dalam sehari. Content writer profesional harus mampu menulis 10 artikel dalam sehari agar penghasilannya setara dengan UMR.

4. Dropshipper

Pekerjaan online yang menghasilkan uang yang satu ini cocok sekali bagi Anda yang mempunyai jiwa dagang. Dropshipper merupakan sebuah tipe penjual online yang menjual gambar atau dengan kata lain jualan modal gambar.

Nantinya gambar tersebut disebar ke media sosial, landing page atau bisa juga buka toko dimarketplace seperti Tokopedia, Shopee atau BliBli.

Peluang Dropshipper lumayan bagus asalkan pemilihan produknya tepat. Pekerjaan ini cocok sekali untuk Anda yang ingin jualan online tapi terkendala modal. Dengan sistem dropship membuat modalnya nol rupiah kecuali jika Anda menjualnya melalui marketplace, Anda harus menalangi terlebih dahulu pembayarannya.

Setelah Anda mengunggah gambar kemudian ada yang beli langkah selanjutnya Anda menghubungi suplier agar mengirimkan produknya.

Meskipun tidak butuh modal yang besar namun dropshipper memiliki kelemahan terutama dari sisi kontrol produk, pengiriman atau jaminan harga.

5. Reseller

Pekerjaan online berikutnya hampir sama dengan poin 5 hanya saja tidak lagi jualan bemodalkan gambar tapi memiliki stok produk. Jika pada dropshipper hanya mencari suplier, untuk reseller setelah menemukan suplier maka perlu belanja produk tersebut kemudian baru dijual kembali.

Karena reseller membutuhkan modal untuk membeli produk maka dari itu dibutuhkan pemilihan produk yang tepat. Cara yang paling aman yaitu dengan mencari produk yang sesuai dengan passion Anda.

Alangkah baiknya untuk tahap petama Anda perlu mendatangi produsen untuk mengetahui kualitas produk yang sebenarnya, Jika memang terbukti bagus untuk pembelian selanjutnya bisa secara online.

Kelebihan jualan produk dengan sistem reseller ini ada pada kontrol harga, kontrol produk serta pengiriman karena produk sudah ada ditangan Anda.

Penutup
Pekerjaan Online yang menghasilkan uang tidak harus mengeluarkan modal yang besar karena banyak juga yang modalnya kecil bahkan nyaris tanpa modal.

Comment Policy: Please write your comment that fits the topic of this page post. Comments that contain links will not be displayed until approved.
Buka Komentar
Tutup Komentar