--> Skip to main content

5 Cara Mudah Jualan Online di Facebook

Jualan di facebook


5 Cara Mudah Jualan Online di Facebook – Tahukah Anda kalau pengguna Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta? Angka ini berdasarkan sebuah data yang disusun oleh Internetwordstats pada akhir Mei 2021. Sebuah Angka yang cukup besar dan menjadi sebuah peluang yang bagus untuk bisnis salah satunya jualan online.


Jualan online di Facebook semakin diminati karena memang mudah dilakukan oleh siapa saja dan tentunya potensial. Jika saat ini Anda ingin menjadi penjual online, memilih Facebook sebagai media promosinya merupakan pilihan tepat.

5 Cara Mudah Jualan Online di Facebook

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk jualan online via facebook. Usahakan mengeluarkan modal seminimal mungkin. Kalau ada yang gratis kenapa harus bayar.

1. Temukan Produk yang Tepat

Ini merupakan langkah penting yang menentukan jadi harus cermat dalam memilih produk yang tepat. Cari produk yang memang sudah laku dipasaran bukan produk yang belum pernah ada sebelumnya. Bagaimana caranya mengetahui produk tersebut laku dipasaran?

Cara yang paling mudah adalah dengan mengeceknya kesitus marketplace seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak. Gunakan fitur filter untuk mengetahui berapa yang sudah terjual. Semakin banyak yang terjual bisa menunjukkan kalau produk tersebut laku dipasaran. Mudah bukan?

2. Cari Supplier

Langkah selanjutnya adalah mencari supplier atau pemasok produknya. Cari informasi supplier dari orang-orang terdekat dulu seperti orang tua, adik, kakak, saudara, teman, temannya teman. Jika sudah ketemu usahakan bertemu langsung dengan supplier untuk mengetahui kualitasnya.

Tidak mengapa Anda harus menempuh perjalanan jauh yang penting produknya berkualitas. Jika memang barangnya oke untuk pasokan berikutnya bisa dilakukan by phone atau secara online.

Disarankan untuk mendapatkan pasokan langsung dari produsen atau tangan pertama sehingga harganya bisa bersaing.

3. Buat Halaman Facebook

Jika Anda baru pertama kali jualan online difacebook tentunya toko Anda belum dikenal sehingga Anda perlu mempromosikannya. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat halaman facebook. Jika Anda sudah memiliki akun facebook tentunya sangat mudah membuatnya.

Buat nama halaman yang sesuai dengan produk Anda misalnya Cetakan Martabak Anti lengket. Isi profil halaman secara lengkap sehingga jika Ada yang memesan bisa langsung menghubungi Anda. Ada sebuah trik agar halaman mudah ditemukan yaitu dengan menggunakan kata kunci tertentu misalnya cetakan martabak.

Promosikan halaman ini agar mendapatkan follower yang banyak. Anda juga bisa menawarkan produk disetiap postingan.


Baca Juga: Digital Marketing, Pengertian, Strategi Dan Contohnya

4. Gunakan Akun Pribadi

Maksimalkan pertemanan Anda difacebook hingga 5000 teman. Pilih teman yang sekiranya minat dengan Produk Anda contoh kalau produknya peralatan memasak cari teman ibu rumah tangga. Sering-seringlah berinteraksi dengan teman-teman Anda misalnya dengan komentar, share atau like postingan teman.

Tidak semua pengguna facebook menyukai posting jualan sehingga perlu variasi postingan, jangan posting jualan terus terutama yang sifatnya Direct selling (Terang-terangan). Lakukan strategi convert selling atau tehnik jualan terselubung.

Usahakan agar selalu aktif akunnya karena menjadi nilai lebih dimata pengguna facebook. Sebelum membeli produk biasanya pengguna mengecek terlebih dahulu profil Anda. Kalau profilnya jelas dan sering posting akan menunjukkan kalau akun facebook Anda aktif bukan akun fake.

Sering-sering memposting pesanan yang sudah masuk atau testimoni dari pembeli produk Anda diberanda. Hal ini bertujuan agar pengguna facebook mempercayai Anda sebagai penjual yang amanah.

5. Promosikan di Grup Facebook

Gabung dengan grup-grup jual beli atau komunitas yang bisa bebas jualan. Pilih grup-grup facebook yang membernya banyak dan grupnya aktif. Posting secara teratur dijam-jam tertentu yang banyak pengguna mengakses facebook.

Buat posting semenarik mungkin agar interaksinya banyak dan tidak harus selalu dalam bentuk posting jualan langsung. Sesekali selingi dengan postingan motivasi atau inspirasi. Perkuat branding Anda di facebook dengan sering posting.

Sering-sering memposting pesanan yang sudah masuk atau testimoni dari pembeli produk Anda. Hal ini bertujuan agar pengguna facebook mempercayai Anda sebagai penjual yang amanah.

Penutup
Banyak metode jualan online diinternet namun dengan menguasi 5 cara jualan online di facebook diatas Anda bisa mengemat biaya promosi atau lainnya yang butuh modal besar.

Comment Policy: Please write your comment that fits the topic of this page post. Comments that contain links will not be displayed until approved.
Buka Komentar
Tutup Komentar