--> Skip to main content

Cara Membuat Blog Pribadi yang Menghasilkan Uang

Membuat blog


Cara membuat blog pribadi itu bagaimana? Pertanyaan ini ternyata sering dicari pengguna internet terbukti pencarian kata kunci ini lumayan banyak. Fakta ini menjadi kabar baik, berarti blog cukup populer. Sebelum membahasnya saya ingin menginformasikan bahwa blog pribadi itu seperti buku diary dimana pemiliknya bebas menulis apa saja tanpa dibatasi topik tertentu.

Blog pribadi ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar mengelola sebuah blog mulai dari mengisi konten, mempercantik tampilan hingga SEO. Jika semuanya bisa dikuasai akan lebih mudah untuk membangun sebuah blog profesional.

Membangun blog pribadi sedini mungkin merupakan sebuah langkah tepat karena membuat kamu semakin produktif dan meningkatkan kemampuan diri. Apalagi jika kamu memiliki fasilitas untuk membangun blog seperti komputer dan akses internet serta hobi menulis, rasanya sayang jika tidak memiliki sebuah blog pribadi.

Cara membuat blog pribadi

Membuat sebuah blog pribadi itu mudah, berikut langkah-langkahnya:

1.Tentukan dulu mesin blognya, ada 3 pilihan blogspot, wordpress, wordpress self hosted. Blogspot dan wordpress gratis sedangkan wordpress self hosted harus beli domain dan hosting.

2.Anggap saja kamu memilih blogspot maka kamu tinggal mengunjungi bloger.com namun sebelumnya kamu harus memiliki akun gmail. Klik “buat blog”, tentukan nama blog lalu pilih URL nya klik Simpan. Hore !! Kamu sekarang sudah memiliki sebuah blog!

Mulai menulis di blog pribadi Kamu

Setelah memiliki blog langkah selanjutnya yang sangat penting adalah mulai menulis diblog pribadi atau istilahnya “Posting”. Klik + POSTINGAN BARU. Buat judul artikel lalu mulai menulis artikelnya Klik Publikasikan. Apa yang harus saya tulis? Meskipun kamu bebas menulis namun jangan lupa kamu menulis di blog pribadi tujuannya agar dibaca orang lain. Nah itulah sebabnya buatlah tulisan yang menarik atau bermanfaat sehingga pengguna internet ingin mengunjungi blog kamu.

Ada beberapa jenis artikel yang menarik mulai dari tutorial, informasi, definisi, review, daftar, riset, download, wawancara, perbandingan, studi kasus, profil, motivasi hingga prediksi. Silahkan pilih mana yang menurut kamu mudah sehingga kamu bisa menulis sesering mungkin. Supaya kamu produktif menulis tulislah hal-hal yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Untuk tahap awal tulislah semampu kamu namun saya sarankan jumlah katanya minimal 300. Sebelum menulis buatlah sebuah kerangka tulisan dan yang paling umum adalah pembukaan, isi dan penutup. Sebisa mungkin menulis artikel yang isinya sesuai dengan judul jadi tidak melenceng kemana-mana.

Semakin sering kamu menulis maka kualitas tulisan kamu akan semakin baik namun kamu juga perlu belajar dari tulisan blogger lain yang jam terbangnya sudah tinggi dan perbanyaklah membaca buku.

Blog pribadi yang keren

Sebuah blog jika dikelola dengan serius meski tulisannya ringan akan menjadi sebuah blog pribadi yang keren contohnya blog yang berjudul Blog Mas Agus yang beralamat di https://www.agusmulyadi.web.id/

Blog yang dibuat pada 2 April 2013 ini dikelola oleh seorang blogger asal Magelang yang saat ini menjadi pimpinan redaksi website mojok.co dan manajer konten di Gardamaya. Selain pintar menulis Mas Agus ini juga jago desain dan karena keahliannya ini Mas Agus sempat diundang menjadi bintang tamu di beberapa acara Talk Show stasiun TV. Mas Agus juga seorang penulis buku, terhitung sudah 3 judul buku yang sudah ditulis seperti DIPLOMAT KENANGAN.BERGUMUL DENGAN GUSMUL, JOMBLO TAPI HAFAL PANCASILA.

Blog ini berisi berita (liputan), uneg-uneg (Curhatan), cerpen, traveling, keluarga jadi bukan blog satu topik. Sebagian besar tulisannya berbentuk narasi jadi bacanya bisa sambil santai. Selain gaya menulisnya yang mudah dicerna kekuatan blog ini ada pada gambarnya. Sebagian besar postingan diperjelas dengan gambar-gambar yang menarik. Hingga saat ini blog tersebut memiliki 1049 pengikut, halaman Facebooknya diikuti 50.349. Blog ini cukup populer di internet terbukti skor DA nya mencapai 30.

Fungsi blog pribadi

Blog pribadi memiliki fungsi yang sangat bermanfaat, diantaranya;

1.Catatan online/penyimpanan dokumen/gambar..

2.Melatih kemampuan menulis

3.Membangun kepercayaan publik

4.Berbagi ilmu

5.Mencari teman

6.Menjual produk

7.Mencari pelanggan/klien

8.Menjadi pekerjaan tetap

9.Bisa dijadikan buku

Judul blog pribadi yang bagus

Kepopuleran sebuah blog tak bisa lepas dari judul blog yang bagus jika judul blognya unik tentunya akan membuat pengguna internet penasaran. Buatlah judul blog yang sesuai dengan tema blog kamu. Untuk membuat judul blog bisa menyesuikan dengan url blog misalnya url : iwanbanaran.com judulnya juga iwanbanaran.com bisa juga tidak sama tapi masih berhubungan misalnya url http://www.enigmablogger.com/ judul blognya : Blog Misteri  Enigma contoh lain URL https://www.agusmulyadi.web.id/ Judul blognya Blog Agus Mulyadi

Apakah blog pribadi bisa menghasilkan uang?

Nah ini pertanyaan yang menarik dan jawabannya sangat bisa. Saya sudah membuktikannya. Lalu dari mana penghasilan dari blog? Bisa dari iklan Google Adsense, content placement atau affiliasi. Namun saya sarankan jika kamu ingin menghasilkan uang dari blog gunakan domain berbayar misalnya ekstensi com haganya sekitar 150 ribu atau yang murah my.id cuma 11 ribu.

Semakin banyak jumlah pengunjung blog maka blog kamu akan semakin menghasilkan banyak uang. Jadi mulai sekarang buat artikel yang menarik sebanyak-banyaknya agar trafiknya juga semakin tinggi. Pelajari juga SEO karena menulis artikel di blog juga ada tekniknya agar bisa muncul di halaman pertama Google.

Baca juga : 6 Manfaat Blog untuk Kamu yang ingin berbisnis

Penutup

Cara membuat blog pribadi yang menghasilkan uang diawali dengan memilih mesin blognya kemudian tentukan judul blog. Setelah blog tampil baru isi dengan konten sampai banyak pengunjung baru bisa menghasilkan uang.

Comment Policy: Please write your comment that fits the topic of this page post. Comments that contain links will not be displayed until approved.
Buka Komentar
Tutup Komentar